Pernahkah anda bertanya apa fungsi dari lampu sekitar speedometer yang memiliki lambang berbeda-beda? Lampu indikator dalam mobil menandakan tiap bagian dari mobil seperti lambang engine check, airbag, air radiator, dll. Indikator pengingat punya fungsi sebagai informasi awal apabila terjadi malfungsi atau kerusakan pada suatu bagian kendaraan. Biasanya terjadi kendala teknis, sehingga bisa segera dicek dan diperbaiki

Indikator pengingat akan bekerja saat kunci kontak diputar ke posisi ON, lampu indikator akan menyala. Kemudian setelah mesin di-start, lampu tersebut akan mati kembali. Ini berarti ia masih bekerja dengan baik.

Selain itu, ada pula lampu indikator pengingat yang otomatis mati setelah kunci kontak berada di posisi ON dalam beberapa saat. Contohnya adalah lampu indikator pengingat fungsi airbags.

Untuk lebih jelas, ada 4 area utama indikator pengingat di panel instrumen mobil Toyota Anda. Setiap mobil tentu ada perbedaan karena lebih banyak fitur akan membuatnya memiliki lebih banyak indikator peringatan.

1. Sistem permesinan

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan kegagalan fungsi di sektor permesinan, seperti indikator peringatan sistem pengisian baterai atau aki dan indikator peringatan tekanan oli mesin rendah.

Lampu indikator peringatan tekanan oli mesin rendah akan berkedip saat mesin idling atau nyala sebentar setelah mesin dimatikan. Jika ya, itu menandakan bahwa jumlah oli kurang atau sistem sirkulasi oli terhambat.

2. Sistem pengereman

Terdapat beberapa indikator yang menggambarkan malfungsi di sistem pengereman, seperti indikator peringatan sistem rem dan indikator ABS.

ndikator peringatan sistem rem akan menyala saat rem parkir atau rem tangan belum dibebaskan secara sempurna. Kalau tidak ada masalah, bisa berarti jumlah minyak rem kurang.

Segera cek posisi rem tangan bila indikator ini menyala karena kalau dibiarkan maka akan merusak kampas dan teromol rem belakang akibat terus bekerja saat mobil berjalan.

Namun kalau masalah dari volume minyak rem, segera lakukan pengisian minyak rem sesuai standar yang ditentukan oleh pabrikan. Sekalian periksa sistem pengereman seperti selang dan sambungan dari potensi kebocoran.

3. Sistem keselamatan berkendara

Awalnya, sistem keselamatan berkendara hanya ada indikator rem ABS, itupun hanya di mobil tertentu dan masuk ke sistem pengereman. Seiring waktu, sistem keselamatan berkendara semakin lengkap sehingga indikator pengingatnya kian kompleks.

Selain ABS, ada pula airbags, VSC, hill start assist, kontrol traksi, blind spot indicator, dan fitur keselamatan lain tergantung tipe dan model mobil Toyota. Untuk lebih detail, Anda bisa baca buku manual kepemilikan kendaraan.

4. Interior dan eksterior

Terdapat beberapa indikator di sektor ini, seperti indikator pintu mobil belum ditutup sempurna dan indikator belum digunakannya seatbelt. Untuk seatbelt, beberapa mobil juga menyertakan alarm sebagai pengingat.